Kamis, 15 Agustus 2013

Coretan Tertentu di Tanda Tangan Indikasikan Risiko Bunuh Diri









Jakarta, Tanda tangan merupakan bentuk tulisan unik yang dimiliki tiap orang. Semudah apapun tanda tangan seseorang, orang lain dirasakan tak bisa menirunya dengan sempurna. Seorang grafolog mengungkapkan bahwa adanya tanda coretan tertentu pada tanda tangan menandakan pemiliknya mengalami tekanan dan berisiko bunuh diri.

"Apa saja tanda-tanda dalam tulisan yang menunjukan penulisnya ingin melukai dirinya sendiri? Salah satunya adalah tanda tangan yang dibuat dengan mencoret namanya sendiri," papar Putro Perdana, S.Sos, CMHA, seorang grafolog dengan spesialisasi di bidang forensik tulisan tangan kepada detikHealth, Kamis (15/8/2013).

Menurutnya, tanda tangan yang dibuat seperti itu menunjukan adanya dorongan dari alam bawah sadar si penulis untuk melukai dirinya sendiri. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan, namun sebagian besar disebabkan oleh adanya tekanan yang sedang ia alami.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Clinical Practice menemukan bahwa grafologi atau ilmu analisa tulisan tangan dapat digunakan untuk memprediksi keinginan bunuh diri seseorang. Ketika seorang individu pernah mencoba untuk bunuh diri, walaupun hanya sekali dalam hidupnya, maka akan tetap terlihat dalam tulisan tangannya.

"Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa keakuratan grafologi dalam memprediksi keinginan bunuh diri adalah sebesar 73 persen," ungkap Putro yang juga telah memperoleh sertifikasi internasional sebagai seorang Certified Master Handwriting Analyst.

Meskipun demikian, Putro yang telah menyelesaikan studi Kriminologi-nya di Universitas Indonesia ini merasa perlu mengingatkan bahwa gangguan kesehatan psikologis seseorang tidak bisa ditentukan hanya dari satu tanda dalam tulisan. Perlu ditekankan bahwa analisa grafologi merupakan analisa komprehensif yang mempertimbangkan segala aspek yang ada dalam tulisan seseorang.

"Sehingga tidak perlu khawatir bila ditemukan tanda yang disebutkan di atas dalam tulisan atau tanda tangan Anda. Apalagi jika tanda tersebut hanya muncul sesekali dan tidak secara kontinu. Suatu gejala kesehatan psikologis yang bermasalah akan terlihat dari keseluruhan bentuk tulisan, bukan hanya dari 1 atau 2 tanda saja," tegas Putro yang kini berprofesi sebagai seorang grafolog dengan spesialisasi di bidang forensik tulisan tangan.

Sumber @Detikhealth

1 komentar:

  1. Titanium jewelry piercing tip - the Tipanium Rose Group
    These tips are perfect for where can i buy titanium trim those who love everquest: titanium edition to add titanium exhaust tips some serious weight to their jewelry. For the people apple watch series 6 titanium looking for an $25.00 · sia titanium ‎In stock

    BalasHapus